BACA DAN LAKUKAN DAN PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, SEBELUM ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU.MULAI DETIK INI JALAKAN LAH SHOLAT SUPAYA KITA JAUH DARI API NERAKA.TOLONG BANTU SHARE INFO INI

Cerita penuh nasehat dengan ending yang mengejutkan, juga intropeksi.. Mengapa hidup kita berantakan? Jangan-jangan karena jadwal sholat kita yang juga berantakan.. 



Selamat membaca! 

 " PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, AGAR ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU " 

Disuatu hari di awal-awal waktu memulai usaha dahulu, saya ketemu permasalahan seperti itu : saya janjian dengan 3 orang di Jakarta. Saat ini posisi saya di Jogja tanpa banyak kenalan di Jakarta dan cekak banget dananya. 

Begini jadwalnya : Pak A janji ketemu hari Senin siang, Pak B hari Rabu pagi serta Bu C di hari Jumat sore. Jika saya menginginkan mudah, saya harus pergi naik kereta Minggu malam dan bermalam di Jakarta 5 hari dan pulang Jumat malam. 
Sayanya yang bingung : nginep di mana, biaya makannya di mana? Duh sibuk, padahal janjiannya sudah di-arrange lama dan posisi orang yang menginginkan saya jumpai ini Boss-boss semua untuk penawaran kerjaan promosi. 

Saya harus mengikuti jadual mereka, saya tidak kuasa menentukan jadual karena saya yang butuh. 
Pusinglah saya pikirkan jadual yang tidak mungkin ini. Sampai 1 minggu mendekati harinya, saya ketemu seseorang rekanan, yang pengetahuan agamanya lumayan. 
Karena belum peroleh jalan keluar, saya juga berbagi padanya. Teman saya mengangguk-angguk lalu bertanya, " Jadual sholatmu bagaimana? " 

 " Jadual sholat? Apa hubungan? " saya keheranan. 
 " Sholat subuh jam berapakah? " tanpa ada menjawab pertanyaan saya, dia melanjutkan pertanyaannya. 
 " Errr... Jam 1/2 enam, jam enam. Sebangunnya lah.. Kenapa, " jawab saya. 
 " Sholat dhuhur jam berapakah? " 

 " Dhuhur? Jadual sholat dhuhur ya jam 12 lah... " jawab saya. 
 " Bukanlah, jadual sholat dhuhurmu jam berapakah? " ia selalu menekan. 
 " Oooh, jam dua kadang-kadang 1/2 tiga agar segera Asar. Eh, tetapi apa hubungan dengan masalahku tadi? " saya semakin heran. 

Teman saya tersenyum dan berkata, " Pantas jadual hidupmu berantakan. " 
 " Lhooo.. kok? Apa hubungan? " saya lebih bingung. 
 " Anda bener menginginkan beresin masalahmu minggu depan ke Jakarta? " tanyanya lagi. 
 " Lha iya, makanya saya tadi cerita..., " saya menyahut. 
 " Beresin dahulu jadual sholat wajibmu. Janganlah terlambat sholat, janganlah ditunda-tunda, klo bisa jamaah, " jawabnya. 

 " Kok.. hubungan apa? " saya semakin penasaran. 
 " Kerjain saja dahulu apabila menginginkan. Tak juga tidak ayah, yang punya persoalan kan bukanlah saya..., " jawabnya. 

Saya juga pamit, jawabannya tidak memuaskan hati saya. Joko sembung naik ojek, pikir saya. Tak nyambung, Jek. 
Saya juga mencari langkah lain sembari mengumpulkan uang saku buat pergi yang memanglah mepet. Namun satu hari ini rasa-rasanya buntu, buntu banget. 

Sampai saya memikirkan, ok deh saya cobalah sarannya. Toh tak ada kemungkinan apa-apa. Namun ternyata beratnya minta ampun, sholat pas saat berat jika kita punya kebiasaan malas-malasan, mengakhirkan pelaksanaannya. Tetapi udahlah, tinggal enam hari itu. 

Dua hari jalan, tidak berlangsung apa-apa. Semakin meyakini saya bila anjuran teman saya ini tidak berguna. 

Tetapi pada hari ketiga, ponsel berdering. Dari asisten Pak A, " Mas, mohon maaf terlebih dulu. Namun Pak A belum dapat ketemu hari Senin besok. Ada rapat mendadak dengan direksi. Saya belum tahu kapan dapat ketemunya, nantinya saya kabari lagi. " 

Di ujung telephone 
saya ternganga, bukannya jadual saya semakin teratur itu jadi ada kemungkinan di-cancel. Semakin jauh logika saya dapatkan solusinya, tetapi apa daya. Lantaran bingung, saya juga senantiasa meneruskan sholat saya sama seperti jadualnya. 

Di hari selanjutnya, hp saya berdering kembali. Dari sekretaris Pak B. 

 " Mas, semoga belum beli ticket ya? Pak B kenyataannya ada jadual general check up Rabu depan jadinya tidak bisa ketemu. Tadi Ayah nanya dapat tidak ketemu Jumat saja, jamnya ngikut Mas. " 
Yang itu saya bener-bener terkejut. Jumat? Kan bareng harinya ama Bu C? Saya juga menyahut, " O iya, tidak apa-apa Pak. Jumat pagi gitu, jam 9 dapat ya? " 
Dari seberang sana dia menjawab, " OK Mas, nantinya saya berikanlah. " 

Syeep, batin saya berteriak senang. Belum hilang rasa kaget saya, hp saya berbunyi lagi. Satu SMS masuk, bunyinya : 
 " Mas, Pak A minta ketemuannya hari Jumat sesudah Jumatan. Jam 13. 30. Diusahakan ya Mas, tidak lama kok. 1 jam cukup. " 
Saya semakin heran! Tidak ada campur tangan saya meskipun, ini jadual membuat dianya. Jadilah saya pergi Kamis malam, ketemu 3 orang di hari Jumat dan Jumat malem dapat balik ke Jogja tanpa ada bermalam! 

Saya sujud sesujud-sujudnya. Keajaiban jenis begini takkan dapat diperoleh dari Seven Habits-nya Stephen Covey, tak juga dari Eight Habbits. Cuma Allah yang kuasa mengatur semuanya satu hal dari arsy-Nya sana. 
Sampai saya meyakin satu hal yang hingga sekarang ini saya upayakan senantiasa jalani : Dahulukan jadual waktumu untuk Tuhan jadi Tuhan akan mengatur jadual hidupmu sebaik-baiknya. 
Karena saya muslim, saya cobalah konfirmasikan itu ke sebagian teman non muslim dan mereka menyetujuinya. 

Jika dalam kehidupan itu kita mengutamakan Tuhan, jadi Tuhan akan melindungi benar hidup kita. 
Tuhan ini ikuti perlakuan kita kepadanya, semakin disiplin kita menyambut-Nya, makin bereslah jadual hidup kita. 
Jadi, kunci berhasil usaha ke-3 yang saya dapat berbagi ke teman-teman : Sholatlah pas waktu, usahakan jamaah. 

Apabila menginginkan lebih top, tambahin sholat sunnahnya : qobliyah, bakdiyah, tahajjud, dhuha,
semampunya. 
Silakan dipraktekkan, Insya Allah jadual kehidupan kita (baik usaha, keluarga maupun personal) akan nyaman ditempuh. 

Sampai hari itu, saya belum pernah berdoa lagi untuk berikan 24 jam satu hari jadi semakin banyak jamnya. 24 jam sehari ini telah cukup, jika kita bukan hanya mengandalkan logika untuk mengaturnya. Tidak kemrungsung, tidak cepat-cepat namun tanggung jawab terjalani dengan baik. 
Apabila satu hari saya menemukan jadual saya kembali berantakan, banyak tabrakan waktunya atau tidak jelas karena menunggu konfirmasi begitu lama : selekasnya saya teliti jadual sholat saya. 

Tentu disitulah masalahnya dan saya harus segera beresin sampai jadual saya akan teratur lagi sebaik-baiknya. Seperti beberapa teman sekalian, istiqomah dengan kata lain berkelanjutan menjalankan itu tentu banyak godaannya. 

Namun apabila tidak gunakan godaan, tentu kebanyakan orang akan berhasil dong. Jadi memanglah mesti tough, kuat menjalaninya, janganlah malas, janganlah cengeng. 

BACA DAN LAKUKAN DAN PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, SEBELUM ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU.MULAI DETIK INI JALAKAN LAH SHOLAT SUPAYA KITA JAUH DARI API NERAKA.TOLONG BANTU SHARE INFO INI BACA DAN LAKUKAN DAN PERBAIKI JADWAL SHOLATMU, SEBELUM ALLAH ATUR JADWAL HIDUPMU.MULAI DETIK INI JALAKAN LAH SHOLAT SUPAYA KITA JAUH DARI API NERAKA.TOLONG BANTU SHARE INFO INI Reviewed by Unknown on 02.53 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.