((BANTU SHARE YA)) MARI KITA MENGENAL TANAMAN LEMPUYANG. TANPA KALIAN SADARI LEMPUYANG AMPUH MENGOBATU BATUK REJAN, KAKI ENCOK, REMATIK DLL. BERIKUT INI PENJELASANNYA


Lempuyang yaitu tanaman indonesia yang mempunyai banyak manfaat. Lempuyang dari dahulu juga dikenal sebagai jamu/obat tradisional. Selain itu, rimpang yang masih tetap muda (terutama lempuyang gajah) dikonsumsi sebagai lalap. 

Nama Ilmiah Lempuyang : Zingiber spp., Z. aromaticum (lempuyang yang wangi), Z. amaricans (lempuyang pahit). 
Nama Lain Lempuyang (Daerah) : Lampuyang, Lempuyang, Rempuyang. 

Ciri-Ciri Lempuyang : 
Batang Lempuyang : Yaitu batang semu, terdiri dari helaian kelopak daun yang sama-sama membungkus. 
Rimpang Lempuyang : Mempunyai ukuran besar, daging berwarna kuning pucat, rasa lempuyang wangi tajam dan berbau harum, rasa lempuyang pahit tajam dan pahit di lidah dengan bau yang tidak kuat. 

Daun Lempuyang : Berbentuk mata lembing atau bulat memanjang, ujung runcing dan pangkal mengecil. 
Bunga Lempuyang : Nampak dari umbi batang, berbonggol di bagian atas. 
Tempat Tumbuh Lempuyang : Tanaman ini dulu banyak tumbuh liar, tempat yang disenanginya dengan ketinggian 0-1200 m dpl. 
Pengembangbiakan Lempuyang : Lempuyang seperti kerabat tanaman berimpang yang lain dapat diperbanyak dengan rimpangnya. Rimpang yang cukup tua ditumbuhkan dahulu akar dan tunasnya, baru dipindah di kebun. Selain itu perbanyakan dapat ditangani dengan pemisahan anakan. 

Kandungan Lempuyang : 

Minyak atsiri berupa limonen serta 
zerumbon (zat anti kejang). 

Manfaat Lempuyang : 

1. Memberi N4f5u Makan 
Rimpang lempuyang pahit beberapa 150 gr dicuci hingga bersih, lalu parut hingga halus, rebus parutan ini dengan 2500 cc air hingga airnya tinggal separuh. Untuk menyingkirkan rasa pahit dapat ditambahkan gula merah 50 gr, saring lebih dahulu sebelum diminum, air ini diminum 3X sehari cukup 1 sendok makan. 

2. Mengobati Batuk Rejan 
Rimpang lempuyang pahit dikombinasi kayu manis cina dan bawang merah yang sudah dipanggang. Kombinasi tersebut di tumbuk dan diperas, lalu minum hasil perasannya. 

3. Mengobati Gatal Akibat Alergi Udang dan Ikan Laut 
Irislah beberapa tidak tebal rimpang lempuyang, seduh seperti teh dan diminum keseharian hingga gejala alergi hilang. 

4. Mengobati Kaki Encok 
Rimpang lempuyang pahit ditumbuk dikombinasi dengan minyak kelapa dan abu dapur, ramuan ini bisa berguna untuk mengobati bengkak-bengkak di badan. Langkahnya berikanlah tumbukan dibagian yang sakit atau bengkak. 

5. Mengobati Rematik 
Rimpang lempuyang wangi dikupas, lalu dikombinasi cabe jawa, lumatkan, dan ditambah nasi kering, ramuan itu ditempelkan pada badan yang sakit. 

6. Obat Penambah Darah 
Rimpang Lempuyang wangi diparut, lalu dikombinasi dengan gula jawa, rebus dengan air seperlunya. Airnya diminum sehari 3X sejumlah satu sendok makan.

((BANTU SHARE YA)) MARI KITA MENGENAL TANAMAN LEMPUYANG. TANPA KALIAN SADARI LEMPUYANG AMPUH MENGOBATU BATUK REJAN, KAKI ENCOK, REMATIK DLL. BERIKUT INI PENJELASANNYA ((BANTU SHARE YA)) MARI KITA MENGENAL TANAMAN LEMPUYANG. TANPA KALIAN SADARI LEMPUYANG AMPUH MENGOBATU BATUK REJAN, KAKI ENCOK, REMATIK DLL. BERIKUT INI PENJELASANNYA Reviewed by Unknown on 16.23 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.