(Jangan Biarkan Artikel Ini Tetap Di Kalian, Mohon Sebarkan Artikel Ini) Jangan Kalian Mengabaikan Tanaman Yang Satu Ini, Tanaman Krokot Ternyata Ampuh Mengobati Kencing Bernanah, Sakit Kuning, Disentri, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya


Portulaca (nama daerah : Krokot) yaitu genus dari tanaman dari suku Portulacaceae. Ada sekitaran 40-100 spesies yang diketahui di daerah tropis dan daerah bermusim empat. 

Satu di antara spesies yaitu Portulaca oleracea di kenal juga sebagai tanaman yang dapat dikonsumsi dan dikenal di beberapa daerah sebagai tanaman hama. Beberapa spesies Portulaca juga jadi makanan untuk ulat ngengat dan kupu-kupu. 

Klasifikasi ilmiah : 
Kerajaan-Plantae, Divisi-Magnoliophyta, Kelas-Magnoliopsida, Ordo-Caryophyllales, Famili-Portulacaceae, Genus-Portulaca L. 

Tumbuhan melata di tanah atau bebatuan dengan daun berwarna hijau selebar biji kwaci, dan batangnya merah. Tanaman ini dikenal juga dengan nama daerah gelang, resereyan, dan jalu-jalu kiki. 

Sifat khas : 

Rasanya asam, krokot diakui dapat turunkan panas, menyingkirkan rasa sakit, p3luruh k3nc!ng, antitoksin, penenang, turunkan gula d4rah, anti skorbut (karena kekurangan vitamin c), menguatkan jantung, menyingkirkan bengkak, dan membuat lancar aliran d4rah. 

Sisi yang digunakan : 

Semuanya sisi krokot, mulai dari batang, akar dan daun. Baik yang tetap masih segar atau yang telah dikeringkan. Langkah pengeringannya mulai dari dicuci bersih, diuapkan, lalu dijemur lalu digiling jadi bubuk untuk disimpan. Dapatlah segera disimpan berupa tablet atau kapsul, jika memang sudah memiliki alat pengemasannya. 

Manfaat : 

1. Bisul 

Untuk bisul minum teh krokot sehari-hari beberapa sepertiga cangkir teh, hingga bisul di rasa mengempis dan kering atau hilang meskipun. 

2. K3nc!ng d4r4h 

Krokot yang sudah berupa herba beberapa 100 gr digodok bersamaan herba daun sendok sejumlah 25 gr. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Kerjakan hingga k3nc!ng d4r4h berhenti. 

3. Jantung berdebar 

4 batang krokot dicuci lalu digiling, lebih 1/2 cangkir air putih masak, dan satusendok makan madu. Lalu diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar menyusut atau berhenti sekalipun. 

4. Gugup dan gelisah 

Herba krokot segar beberapa 25 gr dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya sesudah tak panas. Lakukan sampai gejala gugup dan gelisah mereda. 

5. Demam 

2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai masak, makan. Kerjakan hingga demam alami penurunan. 

6. Sakit kuning 

 (juga untuk radang gusi) Herba krokot beberapa 200 gr digodok, dinginkan airnya lalu minum. Kerjakan hingga sakit mereda. 

7. Disentri 

Herba krokot yang tetap masih segar beberapa 50 gr diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum beberapa 50 cc, sehari tiga kali sampai sembuh. 

8. Borok, radang kulit 

Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Berikan dibagian yang sakit. 

9. Radang akut usus buntu 

Ada dua langkah pemrosesan untuk mengatasi radang usus buntu yang sudah akut. 
* Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul kurang lebih 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih sekedarnya dan air masak yang sudah dingin sampai jadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari. 
* Herba krokot dan jombang masing-masing 60 gr, digodok dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Dibagi untuk tiga kali minum pagi, siang, sore. Lakukan ke-2 cara tersebut sampai radang dirasa mereda, atau hilang sekalipun.
(Jangan Biarkan Artikel Ini Tetap Di Kalian, Mohon Sebarkan Artikel Ini) Jangan Kalian Mengabaikan Tanaman Yang Satu Ini, Tanaman Krokot Ternyata Ampuh Mengobati Kencing Bernanah, Sakit Kuning, Disentri, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya (Jangan Biarkan Artikel Ini Tetap Di Kalian, Mohon Sebarkan Artikel Ini) Jangan Kalian Mengabaikan Tanaman Yang Satu Ini, Tanaman Krokot Ternyata Ampuh Mengobati Kencing Bernanah, Sakit Kuning, Disentri, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya Reviewed by Unknown on 16.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.