WOW SUNGGUH MENAKJUBKAN...!! INILAH 14 MANFAAT BUNGA TERATAI YANG JARANG DIKETAHUI OLEH BANYAK ORANG BACA DAN BAGIKAN TENTANG MANFAAT BUNGA TERATAI[SEMOGA DAPAT BERMANFAAT]


Manfaat Bunga Teratai (Nelumbium nelumbo Druce) – Teratai adalah bunga yang sangat unik. Ini karena teratai dapat hidup diatas air, tidak sama dengan berbagai jenis tumbuhan yang mungkin hanya hidup di tanah. Teratai ini jadi begitu subur di air. Anda akan begitu mudah menemukan bunga ini di kolam ikan atau sungai yang mempunyai aliran air yang tenang. Beberapa orang yang berasumsi apabila bunga teratai ini cuma dapat digunakan untuk berikan makan ikan yang hidup didalam kolam, walau sebenarnya teratai begitu bermanfaat untuk kesehatan.

Tanda-tanda khusus yang dipunyai oleh teratai, seperti : 
Teratai memiliki daun yang berupa bulat.
Teratai adalah tumbuhan hidrofit, jadi hampir semuanya tumbuhan teratai hidup diatas air.
Diameter daun 1 sampai 2 meter, daun teratai yang begitu lebar ini membuat ia mudah untuk lakukan sistem fotosintesis.
Tangkai dari teratai tumbuh dengan cara menyebar, hingga Anda akan melihat helaian daunnya mengapung di pemukaan air.

Teratai memiliki bunga yang begitu tegak.
Akar dari bunga teratai tumbuh pada bawah air, batangnya juga ada juga didalam air.
Teratai mempunyai kelopak serupa seperti bunga mawar, susunan kelopak yang dimilikinya juga begitu banyak.
Perkembangbiakan teratai menggunakan tunas dan biji.
Pada sebagian literatur ada yang mengatakan ada ketidaksamaan pada bunga teratai dan bunga lotus. Walau demikian, orang pemula mengetahui bunga teratai sebagai bunga padma, bunga seroja atau bunga lotus.

Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan 
Teratai mempunyai manfaat sebagai penunjang kesehatan badan, seperti melindungi kesehatan mata, membuat sel darah merah, membuat tulang dan gigi dan baik untuk diet. Sisi tanaman yang digunakan yaitu akar, daun dan bunga sera bijinya.

1. Menyehatkan mata 

Teratai memiliki kandungan betakaroten. Kandungan ini begitu berguna untuk melindungi kesehatan mata Anda.

2. Membuat sel darah merah 

Untuk wanita yang tengah alami haid dengan berlebihan, dianjurkan konsumsi rebusan akar teratai. Akar teratai ini memiliki kandungan zat besi yang demikian tinggi, ia dapat membuat sel darah merah baru. Ramuan itu bagus juga untuk penderita anemia atau kurang darah.

3. Pembentuk gigi yang kuat 

Apabila Anda konsumsi ramuan herbal bunga teratai, Anda dapat mempunyai gigi yang begitu kuat. Hal ini karena rumpang teratai memiliki kandungan kalsium yang demikian tinggi,

4. Diet 

Serat yang terdapat di biji bunga teratai begitu berguna untuk pola diet, ia berguna juga sebagai pelancar pencernaan.

Manfaat Bunga Teratai Sebagai Obat Tradisional
Bunga teratai bukan sekedar berperan sebagai tanaman hias untuk membuat cantik kolam, atau sumber oksigen sekalian sumber makanan untuk biota air. Tetapi nenek moyang kita sudah memakai bunga teratai yang di kenal dengan nama bunga padma atau bunga seroja sebagai bahan untuk membuat ramuan tradisional.

1. Sebagai obat diare 

Saat Anda alami diare serta disertai dengan muntah, Anda akan mengalami banyak kehilangan cairan yang ada di badan. Untuk mengganti cairan itu, Anda dapat memakai air dari jus rimpang teratai lantaran kandungan mineral yang ada di dalamnya akan memberi cairan yang ada di tubuh.

Tersebut langkah membuatnya : 100
gram rimpang teratai berikan dengan 20 gram rimpang jahe.
Bersihkan kulit, serta bersihkan bersih. Jus ke-2 bahan itu, saring dan mengkonsumsi
jusnya 3 kali dalam sehari.

2. Menormalkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, pasti mereka akan mencari berbagai macam cara untuk menurunkan tekanan darahnya yang sedang tinggi. Bila ingin menempuh pengobatan secara alami, Anda bisa menggunakan tunas teratai. Tunas teratai mempunyai kandungan lemak yang sangat baik, serta bermanfaat sebagai penurun darah tinggi.

Berikut cara pembuatannya: Siapkan 20 gram tunas teratai, 15 gram biji teratai. Bersihkan dan campurkan dengan menggunakan 400 cc air, rebus hingga tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan tersebut secara teratur.

3. Teratai sebagai obat mimisan

Teratai memiliki kandungan zat besi, kandungan ini bisa untuk mengobati mimisan. Zat besi yang berada di bunga teratai sangat bermanfaat sebagai pembentuk sel darah merah. Caranya sebagai berikut: Siapkan beberapa akar teratai, dan cuci bersih. Jus akar teratai, saring dan segera konsumsi jusnya.

4. Batuk Darah

Orang yang mengalami batuk darah bisa diobati dengan menggunakan rimpang teratai. Caranya, ambil rimpang teratai secukupnya kemudian dicuci bersih. Potong-potong kecil, kemudian dijus sampai terkumpul jus rimpang teratai sebanyak 200 cc. Minum jus tersebut sekali sehari secara teratur selama 5 hari.

5. Muntah Darah

Selain bisa untuk mengobati batuk darah, akar teratai juga bisa digunakan sebagai obat muntah darah. Caranya pun tidak jauh berbeda. Ambil rimpang teratai kemudian dibuat jus sebanyak 200 cc. Jus tersebut diminum secara teratur sampai 3-5 hari.

6. Disentri

Disentri biasanya disebabkan oleh bakteri dan amoeba. Anda bisa mengatasinya dengan rimpang bunga teratai sebagai bahan pengobatan. Caranya ambil 50 gram rimpang teratai dan 15 gram jahe kemudian dicuci bersih dan diparut. Tambahkan 100 cc air lalu direbus, peras, ambil airnya lalu diminum 3 kali sehari. Bisa ditambahkan madu jika suka.

7. Panas Dalam

Untuk mengobati panas dalam, rebus rimpang bunga teratai bersama dengan akar alang-alang. Kemudian airnya diminum. Rebusan kedua bahan ini sangat efektif untuk mendinginkan perut.

8. Gondokan

Godok atau struma adalah penyakit berupa pembengkakan di leher, di bawah jakun atau laring dikarenakan membengkaknya kelenjar tiroid. Penyakit ini lebih sering menyerang kaum pria. Penyakit ini bisa diobati dengan rebusan akar bunga teratai.

9. Penderita penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Orang-orang dulu sering menggunaan rimpang bunga teratai untuk mengobati penyakit jantung. Caranya dengan meminum air rebusan dari rimpang teratai tersebut.

10. Penyakit lever

Untuk mengobati penyakit liver, rebus 240 gram rimpang teratai dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum. Bisa juga dengan cara dibuat jus.

Manfaat teratai lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang dapat diobati dengan bagian tanaman dari bunga teratai ini. Misalnya pingsan karena kepanasan, pusing, sakit kepala, beri-beri, keputihan, dada sesak, hingga menambah selera makan.

Itulah beberapa manfaat bunga teratai untuk dunia pengobatan tradisional. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang berbagai jenis tanaman obat di sekitar anda dan khasiatnya yang mengagumkan.
"Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa dishare ya, supaya teman-teman yang lain juga tahu informasi ini."
WOW SUNGGUH MENAKJUBKAN...!! INILAH 14 MANFAAT BUNGA TERATAI YANG JARANG DIKETAHUI OLEH BANYAK ORANG BACA DAN BAGIKAN TENTANG MANFAAT BUNGA TERATAI[SEMOGA DAPAT BERMANFAAT] WOW  SUNGGUH MENAKJUBKAN...!! INILAH 14 MANFAAT BUNGA TERATAI YANG JARANG DIKETAHUI OLEH BANYAK ORANG BACA DAN BAGIKAN TENTANG MANFAAT BUNGA TERATAI[SEMOGA DAPAT BERMANFAAT] Reviewed by Unknown on 11.35 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.