( MOHON BAGIKAN INFORMASI PENTING INI KEPADA YANG LAIN ) APAKAH KALIAN TAHU DENGAN DAUN HANDEULUM ? TERNYATA DAUN HANDEULUM AMPUH MENGOBATI SEMBELIT,AMBIEN,BATU EMPEDU,DAN LAIN-LAIN.BERIKUT CARA PENGOLAHANYA.


Handeuleum (Daun Ungu) (Graptophylum pictum Griff) yaitu tanaman obat yang sangat popular, berguna mengobati wasir (hemorrhoid) atau ambeien. 

Daun ungu berguna juga anti inflamasi, anti plak gigi, dan menghindar 

sakit waktu menopause. Wasir atau hemorrhoid yaitu penyakit yang ditandai karena itu ada pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di segi luar an*s. 

Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua jenis wasir yang umum dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid) . Wasir bisa disebabkan karena kurang mengkonsumsi serat. Ini mengakibatkan sulit buang air besar (konstipasi) , hingga pasien sering mengejan. 

Daun ungu (Graptophyllum pictum) atau nama yang lain Demung, Tulak, Wungu (Jawa) ; Daun Temen-temen, Handeuleum (Sunda), Teman (Bali) ; Karotong (Madura), Daun Putri, Dongora (Ambon) ; Kobi-kobi (Ternate) ; termasuk tumbuhan tumbuh liar dipedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, daun ungu pas tumbuh didaearah dataran rendah sampai ketinggian 1250 mtr. di atas permukaan laut. 

Batang : Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati sisi tiga tumpul. Ciri tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, umumnya Daun : mempunyai susunan posisi daun yang letaknya berhadap- hadapan Bunga : bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua. 

Tanaman daun ungu mempunyai kandungan kandungan kimia diantaranya. Alkaloid non toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Dengan bermacam kandungan kimiawinya daun ungu mempunyai karakter sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan feaces, dan mengempiskan wasir. 

Manfaat : 
Sembelit : Rebus 7 helai daun handeuleum dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus saat pagi hari. 

Ambeien : 15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal 1/2. Saring. Minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas. 

Bisul : Beberapa helai daun handeuleum dicuci lalu ditumbuk halus. Berikanlah pada bisul. 

Demam karena perut kotor : 7 helai daun handeuleum, 5 irislah temulawak direbus dengan satu gelas air. Saring. Minum 1x sehari. 

Batu empedu : 7 helai daun handeuleum, beberapa helai daun urat direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1/2. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari. 

Memperlancar h4!d : Segenggam bunga daun handeuleum yang sudah dikeringkan, direbus dengan 4 gelas air. Minum seperti kita minum teh 3x sehari. Catatan : Sebaiknya diminum mendekati haid. 

Bengkak karena terpukul : Kulit batang handeuleum ditumbuk halus lalu letakkan di bagian yang bengkak. 

Rematik : Segenggam daun handeuleum dicuci lalu ditumbuk. Berikanlah dibagian yang sakit.

( MOHON BAGIKAN INFORMASI PENTING INI KEPADA YANG LAIN ) APAKAH KALIAN TAHU DENGAN DAUN HANDEULUM ? TERNYATA DAUN HANDEULUM AMPUH MENGOBATI SEMBELIT,AMBIEN,BATU EMPEDU,DAN LAIN-LAIN.BERIKUT CARA PENGOLAHANYA.   ( MOHON BAGIKAN INFORMASI PENTING INI KEPADA YANG LAIN ) APAKAH KALIAN TAHU DENGAN DAUN HANDEULUM ? TERNYATA DAUN HANDEULUM AMPUH MENGOBATI SEMBELIT,AMBIEN,BATU EMPEDU,DAN LAIN-LAIN.BERIKUT CARA PENGOLAHANYA. Reviewed by Unknown on 16.16 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.